Monday, June 17, 2013

Subsidi BBM merusak pembangunan?

Haloo temen semuaahh..
kali ini, aku bukan mau ngeposting lirik lagu atau mau curhat lagi nihh..
temen-temen kali ini aku mau berbagi posting tentang BBM mau naik, di baca ya !! :)

 
 
Wakil Ketua Dewan Pakar Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Tatang Hernas Soerawidjaja, menjelaskan subsidi BBM saat ini sudah beralih fungsi menjadi ‘insentif pemborosan” oleh pemilik-pemilik kendaraan pribadi yang umumnya adalah golongan menengah ke atas.

"Subsidi BBM yang masih dilakukan pemerintah Indonesia sampai sekarang sebenarnya sudah salah kaprah, karena tak mencapai tujuan yang hakiki, malahan membuat porsi yang sangat besar dari anggaran negara terbuang percuma," kata Dosen ITB ini.

Ia menjelaskan, selain Brunei yang merupakan eksportir netto minyak, harga BBM di Indonesia selama satu dekade terendah di ASEAN. Perbedaan harga BBM di dalam negeri dan di negara tetangga sangat berpotensi memicu penyelewengan. Untuk mencegah hal tersebut, maka subsidi BBM perlu dikurangi.

Saat ini, kata dia, dunia sedang berlomba-lomba memberikan insentif ke energi terbarukan karena minyak bumi kian langka dan mahal. Namun, Indonesia sendiri masih terjebak dengan subsidi BBM dan melupakan insentif energi terbarukan.

"Ini merupakan falsafah regenerasi dan pembangunan ekonomi yang keliru dari sebuah bangsa," kata Ketua Ikatan Ahli Bioenergi Indonesia (IKABI) ini.

Menurutnya, orang yang penolakan kenaikan harga BBM bersubsidi merupakan mental pengemis.  Sebaiknya, berbagai elemen mahasiswa dan masyarakat mendorong pemerintah untuk menaikkan kesejahteraan masyarakat miskin, agar tetap dapat membeli BBM bersubsidi walaupun harga naik.

"Mereka harus sadar demonstrasi menentang kenaikan harga BBM tidak merepresentasikan pembelaan terhadap rakyat kecil, namun secara pelahan mengantar rakyat kita ke jurang kenistaan. Kesadaran ini akan membuat mereka tak mudah dimanfaatkan demi kepentingan sesat para politisi maupun importir BBM," kata anggota Dewan Riset Nasional ini.(np)

nihh dia akibat BBM akan naik
 

nihhh ada lagiii nihhh !!


 kasihann ya :""(


itu dulu yaa !!
makasihh semuuuaaahhh :D





0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by YummyLolly.com